Monday, November 30, 2009

Rambut Island VIP trip part III

Langsung aja ya, gue lanjutin dari part II ...
(Kalo ada yang ga ngerti baca yang part I dan part II dulu, oke?)

Kita terus berjalan dan berjalan...
Dan ditengah jalan, kita ngeliat ada... BIAWAK. BIAWAK SODARA. Oke, gue lebay, waktu ngeliatnya gue biasa aja sih, yang gue pikirin malah, "oooh, jadi bentuk hidung biawak tuh kayak gitu..." yang kaget malah si biawak malang yang tadinya dengan santainya melenggang memikirkan anak cucunya, eh tiba-tiba ketemu 12 orang manusia ngga jelas nyasar yang pada ribut dan grasa-grusu sana sini, bayangin aja pasti pikirannya si biawak udah mati aja, karena doi langsung ngibrit. Dan kami pun melanjutkan perjalanan dengan riang gembira.
belum juga setengah jalan, kita semua udah pada kecapekan. Istirahat sebentar.
Di situ, temen gue Adel mulai menyadari posisi kami saat itu yang ngga bisa kemana-mana, mo balik lagi, kehalang bakau, susah. Mau terus juga mau terus nyampe mana?
Terus temen gue itu nanya ke guru gue :
Adel : "Pak, kita terjebak ya?"
Pak Rudi : " Iya" (dengan santai dan mafhumnya)
Adel : "jangan-jangan bapak mau... muter?"
Pak Rudi : "Iya" (masih dengan santai dan mafhum)

WAT - DE - PAK?!
Iya, jadi kita mau muterin nih pulau berluas 45 hektar, yang penuh dengan hutan bakau menghadang, berpenghuni ular, biawak, ubur-ubur, dan kawan-kawannya, satu-satunya jalan aman cuma lewat pinggir pantai yang pada saat itu pukul 4 sore yang artinya air laut mau pasang tanpa seorang pun dari kelompok lain tau kita ada dimana.
Yap. Pengalaman semacam itulah yang kami hadapi waktu itu. Gimana bisa terlupakan woi?!

Tapi waktu itu kita ngga mikir, lagian itu ngga direncanakan sebelumnya. jadi kita masih ketawa-ketawa, dan masih sempatnya foto-foto. Ohiya, salah satu guru pengawas gue yang sesungguhnya dan sebenar-benarnya berprofesi sebagai guru kesenian itu bawa SLR lengkap loh di saat nyasar begini. Waktu lagi foto-foto di tengah pinggiran laut (maksudanya gimana di tengah pinggiran laut?) yang berombak itu, temen gue yang moto nyuruh kita semua buat lompat. Satu.. dua.. tiga.. lompat!!! Pas lompat, eh ada ombak, jadi deh kita semua jatoh ngga keruan sambil mengeluarkan suara yang kayaknya pada bingung mau ngeluarin suara tawa atau teriak. Sementara gue yang berusaha menjaga keseimbangan, niatnya sih mo pegangan ke temen gue, eh jadinya temen gue si Ichan yang pengen gue pegang itu malah kena tabok di muka. Duh, sabar banget tuh temen gue. Maafin gue ya, chan...
Selesai istirahat yang sebenernya kita ngga istirahat, kita semua lanjutin jalan lagi. Oh iya, si Amyra temen gue yang ngebetak sendal itu udah ngebetak sendal 5 kali loh, begitu nemu yang lebih bagus, pasti langsung dia samber. Dan tidak cukup sampai di situ, kali ini dia kehilangan sepasang sendal itu dan harus ngebetak yang baru.
Jadi, wajtu di tengah jalan, ternyata ada satu pohon bakau ambruk yang akarnya gede gila ampun-ampunan dan kita ngga bisa lewat, jadi kita harus muter masuk ke daratan. Nah, di tengah jalan, ada satu rawa. Genangannya ngga gitu dalem sih, tapi tetep aja dasarnya ngga keliatan. Warna airnya item kecampur sama lumpur.
Si guide udah nyampe duluan di ujung, sama Pak Rudi. Terus giliran anak-anak. Adel, Ichan, dan Arin semuanya udah selamat sampe ke ujung, tinggal gue, Amyra dan orang dewasa semua di belakang kita.
Oke, gue duluan nyebur ke Rawa. Itu rawa warnanya item, jorok, dan airnya anget. Iuuuh. Sampe tengah jalan, si Amyra nyusul gue. Terus tiba-tiba dia teriak : "DE, GUE MO JATOH DE, GUE MO JATOOOOH!!!"
Teriakannya lebay gitu dan gue pun langsung berbalik di dorong rasa kesetiakawanan, "KENAPA LU, MYR?"
"GUE MAO JATOH DE! MO JATOH!"
Sumpah ngga nyantai abis. Serasa di Titanic gue, cuman bedanya di situ waktu si Leonardo jatoh, Rose teriaknya ngga norak kayak gue dan Amyra.
Ternyata sendalnya Amyra nyangkut di lumpur dan dia ngga bisa bergerak. Sementara itu, guru-guru yang barisannya di belakang udah pada dateng berniat nyelametin Amyra yang gelagapan minta tolong padahal cuma karena sendalnya nyangkut.
"TOLONG PAK! TOLONG!"
Pak Erland mendekat ragu-ragu. Mungkin dalem bayangannya kepalanya si Amyra udah nyangkut dalem mulut buaya kali ya, nyampe situ Pak Erland bengong-bengong.
"ADA APA?!" pak erland.
"PAK, SENDAL SAYA NYANGKUT! NGGA BISA JALAN!" amyra.
"DIAMBIL! DITARIK! DITARIK!" pak erland.
"JIJIK ....." amyra.
"KAMU AJA JIJIK, APALAGI BAPAK!!" pak erland.
Sementara percakapan sangat tidak nyantai itu terjadi, gue udah selamet ada di ujung. Dan gue masih bisa denger Bu Irma teriak : "AMYRA, KAMU AMBIL SENDAL BARU LAGI AJA!"
Oke, gue udah ngga ngeliat ke belakang lagi gimana jadinya itu si Amyra, karena gue lagi bingung, kok di depan gue udah ngga ada orang? Kelompok barisan depan pada ke mana nih? Masa' kita ditinggal?
Gue pun mencoba memanggil-manggil.

2 comments: