Monday, November 30, 2009

Rambut Island VIP trip part II

Hello Sun, Moon, and everybody!

Sebenernya cerita ini tuh cerita pengalaman gue yang udah dari laaamaaaaaaa banget kejadiannya tapi ga pernah basi buat di omongin. Gue udah nulis yang part I nya, tapi terus gue lupa ngelanjutin (parah banget)...
gue baru inget sekarang, jadi sekarang gue mo ngelanjutin lagi.


Nah, gue mo mulai dari....

Ternyata Allah telah mempersiapkan rangkaian kejadian yang jauuuh lebih daripada semut merah perahu super gaul. Sebelum membaca cerita ini, harap diingat pada waktu saya mengalami kejadian ini, saya baru berusia 13 tahun! Kelas 2 SMP! mohon diingat!

Oke, jadi waktu itu, gue yang sedang berekspedisi bersama dengan guru- guru dan teman-teman tersayang, naik perahu dari Pulau Untung Jawa, sampai ke Pulau Rambut.
Tema penelitian kita waktu itu ada banyak, meneliti burung, sampah, biota laut, banyak lah.
Kebetulan kelompok gue dapet yang penelitian berbagai macam burung di Pulau Rambut.

Sampai di pulau Rambut, ternyata Pulau itu bener-bener pulau. Bener-bener nggak ada penghuninya, sana-sini yang keliatan cuma pohon dan air. Paling ada satu dermaga kayu kecil dan satu pondok buat yang jaga pulau.
Habis pembukaan yang lama banget bikin gue ngantuk, kita langsung dibagi-bagi per kelompok dan di suruh melakukan penelitian sesuai dengan tema masing-masing. Kelompok gue waktu itu terdiri dari 5 orang anak cewek dan 6 orang pengawas orang dewasa.
Pertamanya sih, kita udah memantapkan hati dan segenap jiwa untuk pergi ke tower buat ngamatin burung. Gue dan temen-temen udah mulai pergi ke tower sambil ngeliat liat pemandangan dan kakak pengawas kita mulai ngejelasin tentang burung-burungan. Tapi teropong yang kita bawa waktu itu cuma satu, padahal kita ada berlima. Jadi sang kakak pengawas mengutus gue untuk minta teropong ke guru pembina ekspedisi, sekaligus pembina KIR, sekaligus guru biologi gue, yaitu Pak Rudi.
Bujuk sana- sini, akhirnya beliau mau ngasih tuh teropong yang lu mesti tau berat banget ke tangan gue. Waktu gue mau nyusul ke tempat temen-temen gue yang lain, tiba-tiba Pak Rudi manggil, "DEA! Jangan ke Tower dulu! Ke sini aja!" sambil nunjuk pinggiran pantai. Gue pun manggil temen-temen gue dan kami berbalik arah, dari semula menuju Tower yang aman menuju jalan tidak terduga yang membuka pengalaman sangat tidak terduga yang mungkin pernah di alami anak perkotaan umur 13 tahun. (HEM. Lebay)
Kita pun berbalik dan mengikuti Pak Rudi yang berjalan di depan bersama seorang guide. Gue dan kelompok beserta para pengawas pun mengikuti.
Pertamanya semua berjalan baik-baik saja, kita lari-larian sambil main air, ketawa-ketiwi sana-sini, terus mulai ada akar-akar bakau yang menghadang, tapi kelompok kami menerjang tanpa rasa takut bagaikan Batman masuk ke dalam markas Joker (Halah!).
Kita semua lari-lari, takut kena air mana waktu itu gue inget celana yang gue bawa kan cuma satu. Waktu kena air pertama kali, yang gue pikirin cuma : "mampus gue cuma bawa celana satu". Tapi yang namanya di pinggir pantai, dan kita harus merangkak dan meloncati akar bakau yang gede-gede itu, gimana ga basah? Jadi lama-lama gue dan kelompok pasrah aja kena air basah-basahan dan kita pun berhenti berlari-lari menghindar dari air.
Kita pun sampai ke tempat yang agak lapang dan bagus banget! Sebelah kanan, air laut, sebelah kiri pohon bakau yang kerendem air dan kena pancaran sinar matahari di atas ada segerombolan burung terbang-terbang dengan background langit biru cerah bersih. Gue kira kita semua udah sampe di tempat tujuan, tapi ternyata Pak Rudi dan si guide masih lanjut jalan terus, jadi kita semua ngikutin. Medan semakin bertambah berat, banyak lubang-lubang biawak, ada juga satu pohon tumbang yang harus kita terobos penuh semut merah gede-gede bikin merinding, tapi waktu itu kita semua jalan aja terus ngga pake mikir.
Karena basah, di tengah jalan, temen gue Amyra nyopot sepatunya dan dia masukin ke dalem kantong plastik gede, terus dia jalan lagi, baru jalan bentar, kakinya udah kesakitan, jalan pinggiran pantai Pulau Rambut tuh banyak banget sampahnya. Mulai dari stereofoam sampai botol beling. Jelas kakinya jadi sakit. Terus, di antara sampah yang menggunung itu, Amyra menemukan sesuatu. Sepasang sendal. Sepasang sendal sampah. Sepasang sendal sampah yang langsung dibetak Amyra tanpa pikir panjang lagi. Menurut lo, jijik? Menurut kita waktu itu enggak, lah udah kepepet mau gimana lagi?!
Kita pun terus berjalan... berjalan... dan terus berjalan...

1 comment: